KONSEP FUNDAMENTAL DARI SISTEM INFORMASI

Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user).

Sistem informasi dari suatu perusahaan harus mampu memberikan informasi tentang berbagai perubahan lingkungan kepada para manajer, dan semakin dinamis lingkungan yang bersangkutan akan semakin kritis informasinya.Informasi haruslah memiliki karakteristik-karakteristik tertentu seperti :

  1. Relevan
  2. Timeliness
  3. Akurat dan Cost effective
  4. Reliable

Sistem informasi memiliki tiga peranan penting untuk sebuah perusahaan, yaitu :

  1. Mendukung proses operasi bisnis
  2. Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya
  3. Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif

Dalam suatu sistem informasi terjadi suatu proses atau aktifitas dimana data diolah menjadi suatu informasi. Saat terjadi pemrosesan tersebut terdapat beberapa aktifitas yang terlibat.  Sistem informasi akan melibatkan aktifitas input, pemrosesan, output, penyimpanan dan pengendalian.

  1. Input : Input bisa berupa kegiatan entry data seperti pencatatan dan perbaikan.
  2. Pemrosesan data menjadi informasi : Berbagai aktifitas tersebut mampu mengatur, menganalisa, dan memanipulasi data, hingga mengubahnya ke dalam informasi bagi pemakai akhir.
  3. Output : menghasilkan informasi dalam berbagai bentuk yang dikirim ke pemakai akhir.
  4. Penyimpanan : aktifitas sistem informasi tempat data dan informasi disimpan secara teratur untuk digunakan kemudian.
  5. Pengendalian : Sistem informasi harus menghasilkan umpan balik mengenai aktifitas input, pemrosesan, output, dan penyimpanan. Umpan balik ini harus diawasi dan dievaluasi untuk menetapkan apakah sistem dapat memenuhi standar kinerja yang telah ditetapkan.
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.